Isi Satu

Isi Dua

Isi Tiga

Isi Empat

» » » Update_SIMAK_15.1.3 dan Update_Persediaan_15.1.2

Update SIMAK-BMN 15.1.3
download (baru)

Petunjuk Singkat:

1. Lakukan proses backup data sebelum dan sesudah melakukan update.
2. Lakukan update aplikasi SIMAK BMN versi 15.1.2 dan update referensi 15.1.2
3. Satker wajib melakukan penghapusan data aset dari Aplikasi Persediaan,  melalui menu:- Utility >> Penerimaan dari Persediaan >> Pilih Penerimaan Tahun Berjalan >> Batal Terima
4. Lakukan penerimaan data aset dari Aplikasi Persediaan sejak bulan Januari s.d. Bulan September. PASTIKAN sudah menggunakan aplikasi Persediaan versi 15.1.1 yang telah di rilis.
5. UAKPB melakukan proses pengiriman ke UAKPA (Aplikasi SAIBA) sejak bulan Januari s.d. bulan September
6. Apabila aplikasi SAIBA sudah pernah menerima ADK SIMAK-BMN Versi sebelumnya, harap lakukan BATAL TERIMA di Aplikasi SAIBA.
7. Lakukan verifikasi dan analisis laporan terkait BMN dan Persediaan.

-------------------------------------------------------
Hal-hal yang harus dihindari pada pengoperasian Aplikasi SIMAK BMN Update 15.1.2
-------------------------------------------------------
1. Transaksi Transfer Masuk tidak diperkenankan dilaksanakan lintas periode/lintas Semester. Transaksi Transfer Masuk dilakukan pada periode semester yang sama;
2. Satker tidak melakukan proses penyusutan untuk Semester II sebelum seluruh transaksi Semester II diinput semua ke dalam aplikasi SIMAK BMN;
3. Satker dilarang melakukan perubahan dan penginputan transaksi baru pada semester I tahun 2015. Satker cukup melakukan pengiriman ulang ADK ke Aplikasi SAIBA;


Lain-lain:
----------
Dalam hal terdapat kesulitan dalam mengoperasikan Aplikasi, agar menghubungi Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan.

Update_Persediaan_15.1.2
download (baru)

Penjelasan
Update referensi 15.1.2 :
1.    Perbaikan mekanisme jurnal KO untuk persediaan lainnya: menyelesaikan apabila terdapat selisih nilai persediaan lainnya antara saldo persediaan lainnya dari Aplikasi Persediaan versi 15.1.0 dibandingkan dengan saldo pada Aplikasi Persediaan versi 15.1.1.

Update exe 15.1.2:
1.    Perbaikan transaksi persediaan masuk untuk pembelian: pada versi sebelumnya dapat melakukan perekaman desimal (nilai persediaan tidak bulat). Pada versi 15.1.2 nilai persediaan harus bulat (tanpa koma).
Dalam hal terdapat persediaan dengan nilai tidak bulat, lakukan perekaman dengan membedakan nilainya.
Misal: harga pembelian 1 kotak stabilo (isi 3 buah) adalah Rp10.000,00. Nilai perolehan 1 buah stabilo adalah Rp3.333,33. Ketika melakukan perekaman pada Aplikasi Persediaan, lakukan perekaman pembelian 2 buah stabile dengan harga satuan Rp3.333,00 dan 1 buah stabile dengan harga Rp3.334,00. dengan demikian, jurnal kirim dari Aplikasi Persediaan ke SIMAK-BMN dan SAIBA adalah senilai Rp10.000,00, sesuai dengan nilai SP2D.
Dampak dari perlakuan di atas: beban persediaan dihitung berdasarkan harga perolehan terakhir atas stabilo tersebut, yaitu Rp3.334,00.
Untuk kasus di atas yang telah terjadi pada periode sebelumnya, selisih nilai perolehan persediaan yang tidak material antara Aplikasi Persediaan dengan SAIBA yang diakibatkan oleh pembulatan dapat diselesaikan dengan melakukan penyesuain di Aplikasi SAIBA, dengan mengacu kepada nilai persediaan di Aplikasi Persediaan.

2.    Perbaikan tampilan jurnal kirim Aplikasi Persediaan ke SIMAK-BMN dengan grouping per transaksi dan per akun.
3.    Perubahan uraian Transaksi >> Persediaan Keluar: “Penyerahan kepada Masyarakat/Pemda” menjadi “Penyerahan/Dijual kepada Masyarakat/Pemda”.
4.    Pembukaan menu Utility >> Pengiriman Saldo Awal ke SIMAK-BMN, untuk mengakomodasi restore SIMAK-BMN 15.1.2 yang tidak mencakup saldo persediaan.
Bagi satker yang pernah melakukan backup dan restore SIMAK-BMN versi 15.1.2 dan mengalami kehilangan data persediaan, agar melakukan pengiriman data saldo awal dan data tahun berjalan dari Aplikasi Persediaan ke SIMAK-BMN.


Catatan: Jika ada link yang tidak dapat digunakan silahkan tulis komen.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

2 comments:

  1. untuk update persediaan nya, setelah di update muncul "mysql not Conected" solusinya gmn ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Cek apakah bisa login dengan user 'admin'? kalau tidak bisa ada kemungkinan mysqlnya tidak terinstal dengan sempurna atau servicesnya 'stop'.
      2. Masuk dengan user 'admin'. kemudian masuk ke menu user dan edit password untuk user yang tidak bisa login tersebut.

      Delete